Posted by : Unknown Sabtu, 27 Juli 2013




**ket gambar: Konohagakure.



Konohagakure (木ノ葉隠れの里, Konohagakure no Sato; Secara harfiah berarti "Desa Tersembunyi di daun pohon", juga dikenal dgn "Desa Tersembunyi oleh Daun" atau lebih terkenal dgn "Desa Daun Tersembunyi") adalah desa tersembunyi di negara Api. Desa ini salah satu dari Lima desa Negara Besar Shinobi, Konohagakure memiliki Kage sebagai pemimpin yang dikenal dgn sebutan Hokage. Ada lima Hokage resmi sampaisaat ini, Tsunade yang terbaru. Pada sebuah gunung yang menghadap desa dari utara ada Monumen Hokage. Meskipun Konoha dikenal sebagai desa yang paling kuat dan memiliki kelompok tentara shinobi elit, seperti negara di mana ia berada, desa ini relatif damai sejak akhir Perang Dunia Shinobi Ketiga, tetapi ia masih dianggap desa terkuat, dan memiliki kekuatan militer yang besar dan memiliki pengaruh, meskipun telah berkurang dalam tiga tahun terakhir karena serangan oleh Orochimaru dan Pain.

[Pendiri]

**ket gambar: Uchiha dan Senju membentuk Konohagakure.

sebelum desa-desa ninja di ciptakan, ninja2 diatur dalam klan dan menjadi tentara bayaran yg disewa negara-negara Shinobi. Dari klan ninja yang tak terhitung jumlahnya, klan Uchiha dan klan Senju adalah yang terkuat. Setelah banyak pertumpahan darah, klan Senju menawarkan gencatan senjata dengan Uchiha. Pemimpin Uchiha, Madara Uchiha keberatan, dan dipaksa oleh anggota Uchiha untuk menerimanya. Senju, Uchiha, dan klan lainnya yg ditaklukkan oleh Uchiha bersama2 menciptakan Konohagakure. Hashirama Senju, pemimpin Senju, menggunakan kemampuan elemen kayunya untuk menghasilkan sebagian besar infrastruktur desa. ia pun pada akhirnya dipilih menjadi Hokage Pertama oleh penduduk desa.

Takut Senju yg sekarang mengendalikan Konoha, akan menindas uchiha Madara mencoba mengumpulkan dukungan untuk menggulingkan Hashirama. Namun, tidak ada satupun Uchiha yg mau membantu, memaksanya menghadapi Hashirama sendiri. Madara akhirnya dikalahkan disebuah tempat yang nantinya disebut Lembah Akhir dan ia diyakini telah meninggal disana. Setelah pertempuran, Konoha memiliki kyuubi, Mito uzumaki pun menyegelnya dalam tubuhnya sendiri. Untuk membendung kekuatannya, desa terus menyegelnya dalam tubuh anggota klan Uzumaki, sebuah klan yg memiliki hubungan dekat dgn klan senju dan desa konoha. Hashirama memberikan Bijuu lain yg ada di tangannya kepada desa lainnya untuk menciptakan perdamaian. Namun perdamaian ini tidak berlangsung lama.

[Perang Dunia Shinobi Pertama]

Konoha mengambil bagian dalam tiga perang pertama dunia ninja. Hashirama meninggal saat Perang Dunia Shinobi Pertama, yang menjadikan adiknya menggantikannya sebagai Hokage. Hokage Kedua juga mati saat perang, dibunuh ninja Kumogakure, tapi dia telah mengangkat Hiruzen Sarutobi sebagai penggantinya sebelum kematiannya. Hiruzen, Hokage Ketiga, kemudian memimpin pasukan Konoha saat Perang Dunia Shinobi Kedua. Selain pertempuran di Amegakure, menyebabkan bentrokan banyak dengan Amegakure yang dipimpin Hanzo, sedikit yang diketahui dari tindakan Konoha selama perang. Beberapa dekade kemudian Konoha terlibat di Perang dunia Shinobi; Konoha berjuang melawan Iwagakure, menggunakan Kusagakure sebagai medan perang mereka. Konoha hampir kalah, tapi Minato Namikaze membuat keadaan berbalik.

[Serangan Kyuubi terhadap Konoha]

**ket gambar: kyuubi menyerang Konohagakure.

Setelah akhir Perang Dunia Shinobi Ketiga, Minato dipilih sebagai Hokage Keempat. Tak lama setelah menjabat Tobi menyelinap ke desa dan setelah mengeluarkan kyuubi dari jinchurikinya, ia menggunakannya untuk menyerang Konoha. Minato mampu mengalahkan Tobi, tetapi kemudian ia mengorbankan hidupnya untuk kembali menyegel kyuubi ke anaknya, Naruto Uzumaki. Banyak ninja yang mati untuk mempertahankan desa, sejak itupun naruto disalahkan karena dianggap itu semua kesalahannya.

[Peristiwa Hyuga]

Peristiwa Hyuga (日向の件, Hyūga no Ken), insiden dgn Kumogakure ini terjadi sembilan tahun sebelum dimulainya seri, saat Kumogakure dan Konohagakure sedang berperang. Untuk mengakhirinya, mereka menyetujui perjanjian damai pada hari ulang tahun ketiga Hinata Hyuga. Perjanjian ini pun gagal karena pemimpin kelompok dari suna menculik hinata. Namun Kepala Ninja kumo itu tewas dalam usahanya oleh ayah Hinata, Hyuga Hiashi.

[Pembantaian Klan Uchiha]

**ket gambar: Uchiha Clan Pembantaian.

Puluhan tahun setelah pemberontakan Madara, Uchiha mulai menghapus komitmen membangun masa depan bersama konoha. Ketika Konoha juga mulai mencurigai bahwa Uchiha-lah yg berada di balik serangan kyuubi, orang-orang Uchiha tidak bisa lagi bersabar dengan ketidakpercayaan tersebut. Klan Uchiha mulai merencanakan kudeta yang akan merebut kendali Konoha dari Senju. Itachi Uchiha adalah satu-satunya anggota klan yg tidak setuju dengan rencana klan uchiha itu dan menjadi mata-mata untuk para pemimpin Konoha. Setelah pembicaraan damai gagal, Itachi diperintahkan untuk menghapus klan uchiha dari dunia. Dia dibantu oleh Tobi, membunuh semua anggota klan uchiha kecuali satu yaitu adiknya, Uchiha Sasuke.

Menghormati permintaan Itachi, Hiruzen Sarutobi melindungi sasuke. Itachi sendiri menjadi seorang kriminal dan buronan setelah itu. Dia akhirnya mati saat bertarung dgn Sasuke delapan tahun setelah pembantaian Uchiha, berharap untuk menjadikan sasuke pahlawan di Konohagakure dan mengembalikan kehormatan klan-nya.

[invasi suna dan oto]

Sekitar lima tahun setelah pembantaian klan Uchiha, Konoha diserbu oleh ninja Otogakure dan Sunagakure saat tahap akhir Ujian Chunin, dalam upaya untuk mengakhiri perdamaian dan kemakmuran yang dinikmati Konoha sejak perang dunia Shinobi ketiga. Invasi itu berhasil dilumpuhkan, tetapi Konoha menderita cukup banyak korban, di antara mereka adalah Hokage Ketiga. Meskipun ia dengan cepat digantikan oleh Tsunade, pemulihan kekuatan militer berjalan lambat membuat desa menjadi lemah, ditambah banyak kejadian yg cukup merugikan desa salah satunya perginya sasuke yg akhirnya dianggap sebagai missing-nin.

[Invasi Pain]

**ket gambar: Konoha dihancurkan oleh Pain.

Tiga tahun setelah invasi Suna dan oto gagal, Pemimpin Akatsuki menyerang desa dalam upayanya untuk menangkap Naruto jinchuriki kyuubi. Para Shinobi sebenarnya dapat mengalahkan pain ketika bertarung secara individu tapi tak bisa menahan serangan shinra tensei skala besar pain tendo. Naruto pun kembali ke Konoha tak lama kemudian (yang telah tertunda oleh tindakan Danzo) dan mengalahkan Pain. Setelah Naruto meyakinkan pain bahwa tindakannya itu salah, pain memberikan hidupnya untuk menghidupkan kembali semua orang yang meninggal karena invasi. sejak itu naruto dianggap sebagai pahlawan desa.

Karena serangan itu, Konoha mendapat kerugian besar mulai dari aspek ekonomi dan militer, yg membuat konoha seperti dibawah iwagakure. Status Konoha sebagai desa yang paling kuat juga diambil alih Kumogakure. Tsunade pun dalam keadaan koma karena kelelahan melindungi desa dari pain, menyebabkan Danzo Shimura untuk sementara menjadi penggantinya. Danzo mengawasi awal proses pembangunan kembali desa setelah serangan Pain. Juga dia menyetujui sasuke sebagai penjahat internasional dan menyatakan desa tidak akan melindunginya lagi, dan secara resmi mencap sasuke sebagai buronan yg harus dibunuh.

[perang dunia ninja keempat]

**ket gambar: Konoha dibangun kembali setelah invasi Pain.

Setelah serangan Akatsuki di Konoha dan tindakan akatsuki lainnya yang dilakukan terhadap desa-desa ninja lain, lima kage mengadakan pertemuan Kage untuk memutuskan tindakan terhadap Akatsuki.

Desa-desa ninja pun bergabung untuk memerangi Akatsuki dan pemimpinnya Tobi, yang akhirnya memicu Perang Dunia Shinobi Keempat. Danzo terbunuh tak lama setelah perang dideklarasikan, tetapi Tsunade bangun dari komanya pada waktunya untuk melanjutkan posisinya sebagai Hokage dan merencanakan tindakan desa konoha selama perang. Meskipun dalam pembangunan, desa tersebut digunakan untuk pengeungsian warga desa yg tempatnya digunakan sebagai medan seperti negara Air Panas dan negara embun.

[Tempat-tempat yg Pernah Muncul Di Seri]

- Akademi
- Amaguriama
- Toko Dango
- Hutan Kematian
- Monument Hokage
- Hokage Holiday
- Ramen Ichiraku
- stasiun Jonin siaga
- Kastil Kikyo
- perpustakaan Konoha
- Pemakanan Konoha
- Rumah Sakit Konoha
- KOlam Air Panas Konoha
- Divisi intelijen Konohagakure
- Batu Memorial
- ruang mencari Tugas dan misi
- Sungai Naka
- Kuil Naka
- Shushuya
- pelatihan dasar ketiga
- Senbei Uchiha
- Yakiniku Q
- Toko bunga Yamanaka
- Akagahara (anime saja)
- Gudang senjata tenten (anime saja)
- penjara Ketat konoha (anime saja)
- Pelatihan dasar ke nol (anime saja)

[Klan]

Dalam desa ada klan yang sangat kuat dan dihormati. Dari jumlah tersebut ada empat klan yang dianggap sebagai klan mulia. Ini adalah:. Aburame, Akimichi, Hyuga dan klan Uchiha. Semua klan yg dikenal di desa ini adalah:
- klan Aburame
- klan Hyuga
- klan Kurama
- klan Sarutobi
- klan Senju
- klan Uchiha

[Karakter]





A



Bird-Masked ANBU Member
Boar-Masked ANBU Member
Cat-Masked ANBU Member
Muta Aburame
Shibi Aburame
Shikuro Aburame
Shino Aburame
Manabu Akado
Yoroi Akadō
Akamaru
Iwana Akame
Chōji Akimichi
Chōji's mother
Chōza Akimichi
Torifu Akimichi
Unnamed Akimichi member
Akino
Ami
Mujini Anano
Ayame



B
Baku (ANBU)
Bekkō
Bisuke
Boxing Kangaroos
Bull



C
Condor



D
Daichi
Dajimu
Dōshin



E
Ebisu



F
Fukasaku
Fuki
Kiyomu Fukuda
Daikoku Funeno
Furofuki
Futaba



G
Gama
Gamabunta
Gamahiro
Gamaken
Gamakichi
Gamariki
Gamatatsu
Hayate Gekkō
Gennai
Gerotora
Giant Anteater
Gonta
Grandpa Gen
Great Toad Sage
Guruko
Might Guy



H
Kotetsu Hagane
Three Haimaru Brothers
Hakui
Sakura Haruno
Kakashi Hatake
Sakumo Hatake
Hayase
Hibachi
Hibachi's friend
Hibari
Shimon Hijiri
Hiruko (missing-nin)
Hōsei
Hōshō
Hyō
Hyūga Elder
Hanabi Hyūga
Hiashi Hyūga
Hinata Hyūga
Hinata and Hanabi's mother
Hizashi Hyūga
Hoheto Hyūga
Kō Hyūga
Neji Hyūga
Tokuma Hyūga



I
Ibara
Inaho
Inomatsu
I cont.
Hana Inuzuka
Kiba Inuzuka
Tsume Inuzuka
Iou
Isaribi
Iyashi



J
Jimei
Jiraiya



K
Kage (ANBU)
Kagura
Izumo Kamizuki
Tekuno Kanden
Kanpō
Kaori
Kasumi
Dan Katō
Katsuyu
Kitō
Kohada
Kōji
Komachi
Komugi
Konoha Cryptanalysis Squad Head
Kōsuke
Kōta
Kumadori
Murakumo Kurama
Unkai Kurama
Uroko Kurama
Yakumo Kurama
Kuromaru
Kusushi



L
Rock Lee



M
Kisuke Maboroshi
Kisuke's wife
Kosuke Maruboshi
Matsu
Matsuri (Konoha)
Menma
Shinobu Mibu
Midori (game)
Migaki
Hamaki Mimura
Tomaru Minakura
Minoji
Anko Mitarashi
Mitate
Homura Mitokado
Mizuki
Moegi
Mogusa
Kunugi Mokume
Ibiki Morino
Idate Morino
Mozuku



N
Raidō Namiashi


Unnamed Nara Clan Member
Ensui Nara
Shikaku Nara
Shikamaru Nara
Yoshino Nara
Natori
Nawaki
Ningame
Nobori



O
Ōkei
Okyō
Orochimaru
Oyone



P
Pakkun



R
Ranka
Riichi (ninja)
Rikumaru
Rin
Aoi Rokushō



S
Sabiru
Sai
Tsuzumi Sarugaku
Asuma Sarutobi
Biwako Sarutobi
S cont.


Konohamaru Sarutobi
Shiba
Shibire
Shiho
Shima
Danzō Shimura
Shin
Shinga
Shinta
Hayama Shirakumo
Genma Shiranui
Shizune
Shoseki
Sukima
Suzume



T
Taji
Tanzō
Iwashi Tatami
Tatsuji
Tenten
Tera
Terai
Teuchi
Tobio
Tonbo Tobitake
Tonton
Tora (ANBU)
Kumade Toriichi
Torune
Towa
Tsubaki (parent)
Tsubaki (anime)
Tsunade
Misumi Tsurugi



U
Fugaku Uchiha
Inabi Uchiha
itachi uchiha
Kagami Uchiha
Madara Uchiha
Mikoto Uchiha
Obito Uchiha
Sasuke Uchiha
Setsuna Uchiha


Tekka Uchiha
Teyaki Uchiha
Uruchi Uchiha
Yakumi Uchiha
Yashiro Uchiha
Udon
Ugai
Ūhei
Nigiri Umeboshi
Iruka Umino
Iruka's father
Iruka's mother
Urushi
Ushi
Koharu Utatane
Yūgao Uzuki
Kushina Uzumaki
Mito Uzumaki
Naruto Uzumaki



Y
Yagura (anime)
Yajirobee
Kabuto Yakushi
Kabuto's Trainer
Ino Yamanaka
Inoichi Yamanaka
Santa Yamanaka
Aoba Yamashiro
Yamato
Kaede Yoshino
Kurenai Yūhi
Kurenai Yūhi's father
Yurika



Z
Zaji
[Trivia]

- fanbook kedua memberikan Konohagakure ukuran populasi lima dari lima bintang, kekuatan militer tiga dari lima bintang, dan kekuatan ekonomi dua dari lima bintang. Konoha memiliki populasi terbesar dari lima desa besar shinobi.
- huruf hiragana あん (an) dicat di gerbang pintu masuk desa (satu hiragana pada setiap pintu). Ini berarti pertapaan atau peristirahatan. Dalam Kanji, karakternya adalah 庵.
- Masashi Kishimoto menyatakan bahwa Konohagakure adalah gambaran dari kampung halaman sendiri.
- Dalam volume Naruto pertama, halaman 87, ada sketsa pusat desa konoha. Jika Anda melihatnya sedekat mungkin, Anda dapat melihat sebuah papan dengan wajah versi kartun dari Masashi Kishimoto dengan kuas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Anime Naruto Indonesia - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -